BCA Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan Melalui BCA for Sustainability

Pewarta : Nurul Ikhsan | Editor : Nurul Ikhsan

Bantenbisnis.com – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen dalam upaya membangun dan mewujudkan pembangunan berkelanjutan konsisten dihadirkan melalui berbagai program dan inisiatif. Melalui #BCAForSustainability, tahun 2022 BCA berkomitmen untuk meningkatkan inisiatif berkaitan dengan pilar-pilar Environtmental, Social and Governance (ESG) dalam upaya perwujudan Sustainable Development Goals (SDG’s) dan usaha berbasis ekonomi hijau.

Wisma BCA Foresta, BSD menjadi salah satu perwujudan upaya pembangunan berkelanjutan yang dimiliki BCA sebagai Green Building pertama yang menerapkan teknologi berbasis ramah lingkungan. Beberapa waktu lalu, BCA juga menghadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang kian melengkapi fasilitas di BCA Foresta.

Komisaris BCA yang juga pengamat ekonomi Cyrillus Harinowo mengungkapkan pembangunan berkelanjutan merupakan tugas seluruh korporasi dan organisasi, tidak terkecuali bagi industri perbankan.

“BCA sebagai bagian dari perbankan nasional telah selayaknya mendukung pembangunan berkelanjutan berbasis ekonomi hijau. Pembangunan ini sudah merupakan panggilan bersama yang penting bagi keberlangsungan bumi, untuk masa depan lebih baik generasi mendatang. Kehadiran green building yang dilengkapi berbagai fasilitas berbasis ramah lingkungan juga menjadi sebuah kebanggaan bagi BCA, terlebih saat ini sudah ada fasilitas SPKLU,” kata Cyrillus Harinowo.

Wisma BCA Foresta merupakan gedung yang beroperasi sejak Oktober 2020 dengan peruntukan sebagai kantor pusat BCA dengan Total luas bangunan lebih dari 45.000 m2. Pada penghujung tahun 2021, Wisma BCA Foresta meraih sertifikasi Greenship Platinum dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Berbagai teknologi yang diterapkan di Wisma BCA Foresta antara lain Building Automation System, penggunaan kaca double glass (low E), air minum reverse osmosis, pemanfaatan air recycle dan rain water, dan yang lainnya.

“Komitmen untuk mengedepankan nilai-nilai environmental, social, and governance (ESG) senantiasa kami perkuat melalui berbagai inisiatif dan kegiatan. BCA bersinergi dengan berbagai instansi maupun organisasi dalam mewujudkan gedung ramah lingkungan ini. Kami merancang gedung ini sebagai percontohan untuk gedung-gedung lainnya di seluruh penjuru tanah air,” ujar SVP Logistic & Building BCA Victor Teguh Sutedja.

Penerapan Green Building Wisma BCA Foresta memberikan manfaat secara ekologis, antara lain seperti mengurangi emisi karbon dengan penggunaan equipment yang hemat energi, memaksimalkan pencahayaan alami yang masuk ke area gedung, penjagaan kualitas udara dan juga memberikan manfaat ekonomis karena dapat menurunkan biaya operasional dan biaya pemeliharaan.

Terbaru, fasilitas SPKLU yang dihadirkan di Wisma BCA Foresta dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat yang berada di sekitar Wisma BCA Foresta karena beroperasi selama 24 jam dalam 7 hari. Terdapat dua jenis mesin charging dengan kapasitas 7 kW yang dapat melakukan pengisian selama 6 jam dan 22 kW dengan pengisian selama 2 jam. Untuk melakukan pengisian daya, pengendara dapat melakukan dengan self-service dan pastikan telah terhubung dengan aplikasi EV Cuzz yang dapat diunduh di smartphone konsumen.  

“BCA berkomitmen untuk senantiasa menghadirkan nilai tambah bagi seluruh nasabah dan masyarakat Indonesia. Kami meyakini pembangunan yang bertujuan mulia ini akan memberikan dampak yang positif terutama bagi lingkungan hidup. Upaya kami menghadirkan gedung ini juga sebagai bentuk memberikan kenyamanan bekerja bagi insan BCA untuk dapat memberikan pelayanan maksimal bagi nasabah,” ujar EVP Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn.

By Nurul Ikhsan

Kang Ikhsan, pria kelahiran Kuningan Jawa Barat ini menekuni dunia jurnalistik sejak kuliah sekitar tahun 90an hingga saat ini. Pria humoris yang juga dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup ini juga ditempa dengan pengalaman junalistiknya saat bekerja dibeberapa media cetak nasional dan radio di Jakarta. Hampir seluruhnya ditugaskan dibagian redaksi. Moto hidupnya : silih asah, silih asih, silih asuh. Nyunda banget ya :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ikuti Berita Menarik Lainnya