Tak Hanya Pelayanan Kelistrikan, PLN Turut Kembangkan Pertanian

Pewarta : Irwan Adhi Husada  | Editor : Nurul Ikhsan

Bantenbisnis.com – PLN Unit Induk Daerah (UID) Lampung melalui PLN Peduli turut mengembangkan pertanian di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan. Tim PLN ikut memecahkan potensi masalah kekeringan yang sering menghantui petani setempat. Selain itu PLN juga mengenalkan sistem alternatif untuk komplementer kegiatan pertanian.

Untuk itu PLN memberikan bantuan peralatan pengairan pertanian ke petani di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan pada 30 Juli 2021. Bantuan ini diharapkan bisa meningkatkan hasil pertanian dan menghilangkan rasa cemas petani kala menghadapi kekeringan saat kemarau.

BACA JUGA : Transmisi SUTET Balaraja-Kembangan 94,4 kms Dukung Keandalan Listrik Jakarta Banten

Selain memberikan bantuan fasilitas pengairan pertanian, PLN juga menyalurkan paket media tanam hidroponik kepada para petani. Total bantuan senilai Rp 150 juta ini diterima langsung oleh Kepala Desa Sumber Jaya. Selanjutnya bantuan akan dikelola bersama oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Dusun 4.

“Memang bantuan seperti inilah yang kami butuhkan untuk keberlangsungan pertanian warga kami di sini. Kami sangat berterima kasih atas kepedulian PLN Peduli yang sudah memberikan bantuan” ucap Trimulyono, selaku PJ Kepala Desa Sumberjaya.

Trimulyono menjelaskan, warga Desa Sumberjaya mayoritas berprofesi sebagai petani, sehingga sangat membutuhkan pengairan yang cukup untuk mengembangkan pertaniannya. Salah satu kendala yang dialami warganya selama ini adalah keterbatasan pengairan untuk pertanian terlebih pada saat kemarau.

“Dengan bantuan fasilitas pengairan ini, ke depan kami lebih optimis, kendala kekurangan air dapat teratasi,” tambah Trimulyono.

General Manager PLN UID Lampung, I Gede Agung Sindu Putra menuturkan, bantuan PLN Peduli ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan dapat mendukung upaya peningkatan perekonomian rakyat, khususnya masyarakat Desa Sumberjaya.

“Dengan tersedianya fasilitas pengairan pertanian ini akan menjamin ketersediaan air yang cukup dan akan sejalan dengan hasil pertanian masyarakat yang meningkat,” tambah Gede.

Pada kesempatan yang sama, PLN juga memperkenalkan teknik mengembangkan pertanian dengan media hidroponik. Dengan teknik pertanian media hdroponik ini, diharapkan masyarakat dapat tetap produktif menghasilkan produk pertanian meski dengan lahan yang terbatas. Terlebih dalam kondisi pandemic Covid-19 saat ini, diharapkan dukungan ini akan sangat bermanfaat.

“Hari ini kita jadikan pembelajaran bercocok tanam dengan media hidoponik, kita manfaatkan fasilitasnya dengan baik. Semoga dengan wahana ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas I Gede Agung Sindu Putra. ***

By Irwan Adhi Husada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ikuti Berita Menarik Lainnya