Penanganan Banjir dan Pemberdayaan Masyarakat Jadi Prioritas Musrenbang Kecamatan Tigaraksa

Pewarta : Tim Redaksi | Editor : Hery Taufik

Bantenbisnis.com, Kabupaten Tangerang – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, digelar dengan mematuhi protokol kesehatan, bertempat di Gedung Serba Guna Kecamatan Tigaraksa, Kamis (11/2/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengakomodir usulan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan tahun 2022 mendatang. Musrenbang ini merupakan usulan yang telah dilaksanakan pada Musrenbang Desa/Kelurahan Tahun 2021, dimana didalamnya membahas usulan skala prioritas dengan melihat lebih detail aspek kebutuhan masyarakat.

“Dalam situasi dan kondisi yang sekarang ini, Musrenbang Kecamatan tahun 2021 untuk 2022 memang berbeda dibanding Musrenbang tahun lalu. Ini karena kita masih dalam masa pandemi COVID-19. Dalam Musrenbang ini kita pilih 10 program prioritas dari hasil kesepakatan RT/RW dan masyarakat setempat. Hal ini untuk memantapkan usulan tahun 2022,” pungkas Camat Tigaraksa Rahyuni. 

Sementara prioritas dalam pembangunan pada tahun anggaran 2022, lanjut Rahyuni, sesuai dengan arahan Pemerintah Daerah yaitu diprioritaskan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia dan produktivitas usaha ekonomi kerakyatan.

“Ada 4 poin penting yakni penerangan jalan, perbaikan drainase, pemeliharaan jalan dan usulan kegiatan dari SDN Kaduagung II,” ungkap Rahyuni.

Musrenbang tingkat kecamatan mengusung tema “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia” dengan proritas utama adalah ekonomi kerakyatan.

Camat Rahyuni juga menuturkan, dari banyaknya usulan yang diterima, penanganan masalah banjir, khususnya di perumahan Puri Permai, perumahan Mustika dan banjir di Desa Cisereh masih menjadi prioritas dalam Musrenbang tahun ini.

”Banjir di Mustika itu memang ada beberapa turab dan tanggul yang kondisinya sudah rusak, jadi kita berharap itu masuk dalam prioritas. Untuk masalah penanganan banjir di Puri, kita berharap adanya tandon, baik tandon yang sudah ada untuk dinormalisasi maupun tandon-tandon yang baru,” tuturnya.

Sementara itu, anggota DPRD Burhan dari fraksi PKB mengatakan, Musrenbang adalah kegiatan tahunan yang mendorong usulan-usulan ataupun aspirasi masyarakat. Karena ini agenda rutin tahunan maka visi dan misinya harus tepat sasaran dan terealisasi dengan cepat.

“Musrenbang kali ini merencanakan untuk mempersiapkan pembangunan pasca pandemik. Mungkin untuk masa pandemiknya sudah berjalan, nanti kita persiapkan kegiatan-kegaiatan yang menopang ekonomi kerakyatan,” ucap Burhan.

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Tangerang, Wisnu Yuda Mukti menambahkan, Musrenbang ini difokuskan kepada pengembalian ekonomi masyarakat yang terkena dampak COVID-19.

Turut hadir dalam Musrembang, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Tangerang, Dinas Sosial, Sekcam Tigaraksa, Koramil, Kapolsek, para Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Tigaraksa, tokoh Agama dan tokoh masyarakat.

By Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ikuti Berita Menarik Lainnya