Pemkot Tangerang Kembali Gelar Pelatihan BLK

Pewarta : Tim Redaksi | Editor : Hery Taufik

Bantenbisnis.com, Kota Tangerang – Pemkot Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan melalui UPT Balai Latihan Kerja (BLK) kembali menggelar pelatihan di tahun 2021.

Terdapat tujuh jenis pelatihan, antara lain menjahit pakaian, tata boga, komputer, desain grafis, montir motor, teknik pendingin dan perhotelan. Total pelatihan diikuti 380 peserta yang pembukaannya dilaksanakan di Gedung BLK Cibodas, Kamis (11/02/21) melalui protokol kesehatan yang ketat.

“Untuk tahun 2021, akan ada 20 angkatan dari tujuh bidang pelatihan yang dibagi ke beberapa bagian angkatan, untuk di sini (UPT BLK Cibodas) ada tiga bagian, yaitu menjahit, montir motor dan komputer,” ujar Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Moh. Rakhmansyah.

Sebelumnya, BLK Kota Tangerang telah mengeluarkan tiga angkatan dan sudah membuat usaha perlengkapan kesehatan seperti masker dan Alat Pelindung Diri (APD).

“Alahamdulillah, untuk angkatan kemarin sudah ada yang sudah bekerja dan ada juga yang membuat usaha, terutama yang menjahit. Mereka sudah membuka usaha seperti membuat beberapa perlengkapan kesehatan,” kata Rakhmansyah.

Hadirnya pelatihan yang dilaksanakan saat ini, sebagai langkah Pemkot Tangerang untuk meningkatkan kemampuan juga meminimalisir angka pengangguran, terlebih di masa pandemi. Diharapkan peserta pelatihan dapat memiliki kemampuan untuk membuka usaha sendiri.

“Kita tau ya, di masa pandemi saat ini ada yang dirumahkan. Jadi untuk mengembangkan kompetensi diri dan memanfaatkan peluang yang ada kita adakan BLK ini. Harapannya agar mereka bisa membuka usaha secara mandiri,” lanjutnya.

Para peserta yang didominasi usia lulusan Sekolah Menegah Umum tersebut, terlihat antusias karena selain untuk mengasah kemampuan juga untuk mengisi waktu luang yang nantinya bisa menjadi bekal untuk merintis usaha.

“Seneng ya, bisa ikut pelatihan menjahit ini. Apalagi lihat tren fashion lagi naik banget, ya siapa tau punya merek pakaian atau hijab sendiri gitu,” kata peserta pelatihan menjahit, Bela Rahmawati.

Di tahun 2021, BLK Kota Tangerang memiliki jenis pelatihan baru yaitu tata boga dengan total empat angkatan. Sedangkan total angkatan di tahun 2021 sebanyak 20 angkatan.

By Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ikuti Berita Menarik Lainnya